Game Pokemon GO (POGO) ini Mencurigakan


Sinaga.co - Game virtual yang merambat ke dunia nyata ini menjadi sangat populer di dunia, bahkan di Indonesia. Game yang di produksi oleh Niantic, Inc ini mendadak 'kaya' akan pengunjung di App Store maupun Google Play (Saat ini hanya Guide). Namun tak bisa dipungkiri pemain game ini langsung membludak karena memang game yang asik dimainkan ini sangat familiar bagi kebanyakan orang. Sebelumnya gue udah membahas tentang Bahaya Bermain Pokemon GO yang belum disadari Gamers dan sekarang yang mau gue bahas adalah beredarnya App pada Platform Android (.apk) Game Pokemon GO yang dianggap mencurigakan. Apa penyebabnya, mari kita lihat beberapa gambar berikut :

(Gambar dikutip dari : Kaskus.co.id)

Berikut Penjelasan tentang Permintaan Akses Game tersebut :

  • Direct Call Phone Numbers, Read Phone Status, and Identity.
Fungsinya App tersebut meminta akses untuk Penggunaan telepon tanpa diketahui, Membaca Status Smartphone, dan Identitas. Padahal, hal tersebut merupakan hak pribadi pengguna Smartphone.

  • Edit Text/MMS Messages, Receice and Send Message.
Fungsinya App tersebut meminta akses untuk mengirim, mengatur, dan menerima pesan. Otoritas yang akan diberikan sangat vital karena dapat merugikan pihak pengguna Smartphone.

  • Record Audio (Merekam Suara)
  • Memodifikasi Kontak, Membaca, dan Menulis Log kontak
  • Membaca history Website yang pernah dikunjungi
  • Mengakses jaringan Wifi
  • Dan yang terakhir memulai dan menjalankan Aplikasi saat Smartphone dihidupkan.

Akses kepada Game ini sangat 'Dewa', hampir menyerupai sebuah virus atau malware yang menjangkit dibeberapa perangkat Android. Kalian bisa membaca Virus dan Malware di Android - Aplikasi Ter-Install Sendiri. Nah, sebelum install aplikasi, harap baca dulu akses yang diminta oleh game developers. Hal ini sangat penting, selain berhubungan dengan keamanan Smartphone, juga keamanan si Pengguna Smartphone. Salam SNC.

Post a Comment